PLAN B – Backup & Restore PMP

folder-pmp

Plan B Backup & Restore tujuannya untuk menghindari kehilangan total inputan kuesioner yang sudah diinput sahabat Operator.

Dalam aplikasi PMP sebetulnya sudah ada mekanisme Backup dan Restore bawaannya, namun untuk kasus gagal Login, aplikasi tidak bisa terbuka dan hal krusial lainnya adanya Backup ini akan sangat membantu

FULL BACKUP

Maksudnya adalah mengcopy seluruh Folder aplikasi PMP yang terinstall di PC/Laptop Sahabat Operator, dimana simpannya..? ya ditempat/folder lain yang aman lah 😀

Skema kerja full Backup ini adalah apabila kita kehilangan akses ke aplikasi, maka kita akan melakukan install ulang aplikasi PMP, namun dengan install ulang data yang sudah kita input otomatis akan hilang, karena Database yang ada di folder PMP akan tertimpa dengan database instalan baru.

Jika kita sudah memiliki copy Folder PMP, kita cukup lakukan prosedur berikut:

  • Matikan Services PMPWebSrv dan PMPDB
  • Copas Full Folder ke Folder asal PMP
  • Hidupkan kembali Services PMPWebSrv dan PMPDB

Untuk mengakses Services Windows, bisa dilihat di tulisan lainnya disini.

Setelah itu data yang sudah diinput akan kembali. Namun untuk update versi pasti akan diminta konfirmasi ulang dalam hal konfirmasi Selesai menginput kuesioner. Ini mau tidak mau harus dilakukan.

Kapan Full Backup ini dilakukan..? Lakukan sekiranya ingin melakukan Update dari versi sebelumnya ke versi terbaru. Ingat ini hanya untuk berjaga-jaga aja.

BACKUP DARI APLIKASI

Apabila dalam keadaan normal, kita masih dapat login ke aplikasi Backup dan Restore dapat dilakukan dari opsi Backup dan Restore yang tersedia di Aplikasi.

Yang perlu diperhatikan, jika kita menggunakan restore pada saat kita telah melakukan salin PD dan salin PTK, dimungkinkan akan terjadi data dobel. Saran saya, proses Restore dilakukan tanpa sebelumnya melakukan Salin PTK dan PD.

Kapan Backup dari Aplikasi dilakukan..? Lakukan backup berkala sekiranya sudah cukup banyak isian kuesioner yang diinput. Lebih baik backup daripada harus input ulang toh.

Semoga bermanfaat.

 

Leave a comment